Pages

31 Oktober 2012

Memilih Perguruan Tinggi : Mau dan Mampu

Re-Publish Tulisan Jadul (part 3)
Tulisan ini dimuat di Kolom Mereka Bicara, Harian Umum Banjarmasin Post tanggal 22 Juni 2009


Setelah lulus UAN, pelajar SMA sederajat yang ingin melanjutkan ke jenjang berikutnya di perguruan tinggi menghadapi kebingungan dalam memilih tempat kuliah yang ingin dimasuki. Biaya kuliah, mutu pendidikan serta prospek mendapatkan pekerjaan setelah lulus adalah pertimbangan utama dalam memilih perguruan tinggi. Selama ini perguruan tinggi negeri (PTN) masih menjadi pilihan utama calon mahasiswa karena biaya kuliah masih terjangkau meskipun mutunya tidak selalu lebih baik dari perguruan tinggi swasta (PTS).

Persaingan memasuki PTN terbilang sangat tinggi, sehingga memaksa calon mahasiswa belajar dengan giat agar dapat lulus khususnya bagi yang mendaftar melalui jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMPTN).


Yang harus diperhatikan dalam memilih perguruan tinggi adalah minat dan kemampuan kita. Hendaknya dalam memilih fakultas kelak dapat disesuaikan dengan harapan, cita – cita dan jurusan ketika di SMA agar ilmu yang dimiliki saat sekolah dapat disalurkan di bangku kuliah. Oleh karena itu, pilihlah perguruan tinggi yang kita mau dan mampu untuk menjalaninya, sebab kuliah itu tak seperti yang kita bayangkan saat di SMA. Akan tetapi dengan tekad dan usaha yang kuat serta senantiasa berdoa akan membuat kita percaya diri dalam memasuki dunia kemahasiswaan. Selamat berjuang teman – temanku dan semoga kita menjadi generasi terbaik bagi bangsa dan negara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silakan Komentar